[REVIEW] Buku-buku Anak Part 1

pexels-cottonbro-3661193

Prologue

Halo teman-teman! kali ini Aku mau review buku-buku yang Aku bacakan untuk anakku sejak newborn sampai sekarang. Semoga bisa menambah preferensi teman-teman yang sedang mencari buku untuk anaknya atau mungkin untuk anak keponakan, teman dsb.

Tanpa lama-lama lagi, simak terus yuk sampai selesai~~


1) Soft Book Stage 1 & Stage 2

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Review

Softbook ini adalah buku pertama yang Aku bacain untuk anakku. Karena namanya softbook. Buku ini mengenalkan anak tentang garis, lingkaran, hewan, angka dan huruf. Karena hanya gambar aja jadi Aku sebagai yang membacakan buku bisa bebas mengeksplor ceritanya.

Manfaat dari softbook yaitu untuk melatih imajinasi dan fokus bayi, mengembangkan otot lengan dan jari bayi serta melatih konsentrasi anak.

Bahan dari softbook ini lembut dan ringan karena terbuat dari kain. Warna tintanya opaque serta jahitannya kuat & rapat.  Selain itu kalo digerak-gerakin buku ini mengeluarkan suara kresek kresek Warna softbooknya ada yang kontras hitam putih dan ada juga yang hitam putih dengan sedikit sentuhan warna lain. Selain itu buku ini pun mudah dicuci.

Harga

Rp 180.000/ 2 buku beli disini


2) Islam Agamaku

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Review

Buku ini mengenalkan anak tentang agama islam mulai dari nabi Muhammad, Al Quran, masjid, Ka’bah dan hari istimewa dalam islam. Setiap halamannya memuat 1 hingga 2 kalimat sederhana dan divisualisasikan oleh gambar. Menurutku ilustrasi dari setiap lembarnya bagus.

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Bahan dari buku ini terbuat dari boardbook sehingga gak akan gampang lecek dan terlipat. Ujung bukunya pun dibuat melengkung sehingga aman ketika dipegang oleh anak.

Harga

Rp 48.300 beli disini


3) Paket Nabil Naura: Seri Kalimat Thayyibah

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Review

Buku ini mengenalkan tentang empat kalimat thayyibah atau kalimat baik dalam Islam. Mulai dari Masya Allah, Bismillah, Alhamdulillah dan Subhanallah. Di setiap bukunya, alur ceritanya meliputi permasalahan atau konflik yang membuat ceritanya semakin seru serta di akhir adanya solusinya. 

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Setiap kalimat dari buku ini dibuat sederhana dan yang menariknya adanya kuis atau teka teki yang membuat buku ini semakin asyik untuk dibaca. Gak heran, keempat buku ini adalah buku favoritnya anakku.

Ilustrasi dari buku ini dibuat menarik hanya saja yang menurutku agak mengganjal dan baru Aku sadari sekarang adalah karakter Naura atau si pemeran utama dari buku ini divisualisasikan pakai kerudung tapi rambutnya keluar-keluar.

Berbeda dengan karakter perempuan di buku Islam Agamaku yang mana penggunaan kerudungnya jauh lebih rapi. Hal kecil tapi menurutku ini penting banget sih untuk memberikan contoh ke anak bagaimana sih seharusnya memakai kerudung yang benar itu hehehe.

Bahan dari buku ini terbuat dari boardbook dengan ujungnya yang dibuat melengkung. 

Harga

Rp 139.300 beli disini


4) Juz Amma for Kids

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Review

Juz Amma ini selalu Aku bacain ke anakku setiap selesai sholat untuk membiasakan anakku dan semoga menjadi terbiasa dengan Al Quran, aamiin. 

Yang Aku suka dari Juz Amma ini ukurannya besar sehingga tulisan arab dan latinnya pun terlihat besar, ilustrasinya menarik, adanya kandungan surah dan sebab surat ini diturunkan.

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Jadi sebagai yang membacakan surat di dalam Juz Amma ini kita bisa sekaligus memperkenalkan dan menceritakan kandungan surat dan sebab kenapa surat ini turun. Kalimat dari kandungan surat dan sebab kenapa suratnya turun pun dikemas dengan sederhana dan mudah dimengerti.

Namun Juz Amma ini meskipun cover bukunya terbuat dari hardbook, tetapi lembaran dari halamannya bahannya dari art paper. Sehingga ketika membacakan buku ini harus hati-hati kalo engga bisa lecek diremet-remet anak hehehe.

Harga

Rp 83.300 beli disini


5) My First Iqro!

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Review

Buku My First Iqro ini adalah buku yang mengenalkan anak tentang huruf hijaiyah dan tanda bacanya. Buku ini didesain dengan ilustrasi yang menarik sehingga anak pun betah dan senang berlama-lama membaca ini.

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Yang menarik dari buku Iqra ini adalah ada dua cara dalam memperkenalkan huruf hijaiyah, yaitu dengan menelusuri dengan jari serta menulis.

Karena Anakku belum bisa menulis, jadi Aku memperkenalkan huruf hijaiyah dengan cara menelusuri atau trace, cara menelusurinya dengan jari karena adanya perbedaan elevasi di lembar tersebut. Cara belajar seperti ini yang Aku baca di salah satu akun pengajar montessori adalah cara belajar terbaik karena mengkombinasikan visual, bahasa serta indra peraba. Sehingga hal yang dipelajari akan jauh lebih mudah terserap.

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Selain itu di akhir halaman bukunya memuat tanda baca huruf hijaiyah mulai dari fathah, kasrah dan dhamah yang tentunya dikemas dengan ilustrasi yang menarik.

Bahan dari buku ini terbuat dari boardbook dengan ujung buku yang dibuat melengkung sehingga aman ketika dipegang oleh anak.

Harga

Rp 66.500 beli disini


6) Seri Mengenal Rukun Islam

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Review

Buku seri mengenal rukun islam memperkenalkan anak dengan lima rukun islam mulai dari syahadat, shalat, puasa, zakat dan haji.

Cara mengenalkannya pun dengan bahasa sederhana dan cerita yang menarik. Serta di halaman terakhir terdapat kesimpulan dari ceritanya.

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Bahan dari buku ini menggunakan artpaper dan gambarnya menurutku bagus dan ceritanya udh billingual juga. Kelebihan lain dari buku ini yaitu harganya yang murah hanya Lima ribu per bukunya dan jalan ceritanya yang menarik.

Harga

Rp 5.000/pcs beli disini


7) Seri Mengenal Sahabat Nabi

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Review

Buku ini memperkenalkan kepada anak tentang kisah-kisah teladan para sahabat nabi Muhammad terdahulu, mulai dari kisah Utsman bin Affan, Umar bin Khattab, Abu Bakar Ash Shiddik, Bilal, Ali dan Khalid bin Walid.

Yang Aku suka dari buku ini, sebelum ceritanya dimulai, di halaman pertama terdapat hadist yang melatarbelakangi cerita yang akan diangkat. Setelah itu, di lembar berikutnya baru deh isi ceritanya. Serta tidak lupa di akhir cerita terdapat kesimpulan dan nasehat untuk pembaca.

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'
Created with RNI Films app. Preset ‘Agfa RSX II’

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Buku ini memiliki dua bahasa yaitu inggris dan indonesia, ilustrasinya menarik, harga per pcs dari bukunya sangat murah dan bahan dari buku ini menggunakan kertas artpaper.

Harga

Rp 5.000/pcs beli disini


8) Kisah 25 Nabi dan Rasul

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Review

Buku ini mengenalkan pada anak tentang kisah 25 Nabi dan Rasul. Yang Aku suka dari buku ini adalah isi cerita dan ilustrasinya yang menarik. Meskipun untuk bacaan anak dibawah usia 2 tahun, buku ini terbilang berat. Karena lebih banyak tulisan teks daripada gambarnya, tetapi buku ini tetap bisa dibacakan kok.

Kalo Aku sendiri membacakan buku ini ketika Anakku lagi seger-segernya dan sangat antusias, sehingga isi ceritanya bisa tersampaikan dengan baik.

Bahan dari buku ini menggunakan art paper dan covernya mengunakan hardook. Buku ini kokoh dan agak tebal sehingga kurang cocok untuk dibawa bepergian.

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Harga

Rp 80.000 beli disini


9) City

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Review

Buku ini memperkenalkan kepada anak tentang objek dan kegiatan apa saja yang ada dalam sebuah kota. Mulai dari situasi di tengah kota, bandara, taman, pusat perbelanjaan, pabrik dan hotel. 

Yang menariknya adalah buku ini menggunakan dua bahasa yaitu bahasa inggris serta bahasa indonesia dan ada 60 objek yang bisa kita flaps atau dibuka sehingga buku ini semakin terlihat hidup.

Bahan dari buku ini menggunakan board book sehingga tidak mudah lecek, basah atau terlipat. Hanya saja ukuran buku ini lumayan besar sehingga kurang travel friendly. 

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Harga

Rp 105.500 beli disini


10) Seri Mengenal Emosi

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Review

Buku seri mengenal emosi mengenalkan anak pada berbagai macam emosi yang ada dalam diri anak. Mengapa kita sebagai orang tua perlu memperkenalkan ragam emosi kepada anak? Tujuannya yaitu:

  1. Anak dapat menyampaikan apa yan dirasakannya, 
  2. Anak akan mampu mengelola emosi dengan baik,
  3. Menghindari penyaluran emosi yang tidak tepat,
  4. Membantu anak mencapai diri terbaiknya.

Ada sepuluh jenis emosi yang dikemas dalam bentuk cerita, mulai dari marah, cemas, bingung, bersemangat, jijik, bosan, kagum, sedih, senang dan takut. Serta ada dua buku tambahan yaitu buku tentang panduan memahami emosi anak untuk orang tua serta buku tentang memahami emosi diri sendiri untuk si anak.

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa RSX II'

Untuk bukunya sendiri, jalan ceritanya dikemas dengan sangat menarik dan ilustrasinya sangat gemas. Cerita dibuku ini memuat konflik, solusi dan kesimpulan yang tentunya dengan bahasa yang sederhana dan relate dengan kehidupan sehari-hari.

Bahan dari buku ini menggunakan art paper, ukurannya gak terlalu besar sehingga mudah dibawa-bawa ketika bepergian.

Harga

Rp 105.500 beli disini


11) Noisy Jungle

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa Precisa 100'

Review

Buku yang berjudul Noisy Jungle ini memperkenalkan anak pada macam-macam suara hewan-hewan yang tinggal di hutan. Meskipun ceritanya menggunakan bahasa inggris, tetapi kalimat-kalimat dalam ceritanya sederhana sehingga mudah dibacakan kepada anak. Selain itu karena banyak karakter hewan-hewan dan objek lain di hutan yang ada di buku ini, Aku pun bisa improvisasi membacakan buku ini kepada anakku.

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa Precisa 100'

Created with RNI Films app. Preset 'Agfa Precisa 100'

Bahan buku ini menggunakan boardbook yang tebal sehingga tidak perlu khawatir jika lecek, terlipat atau basah. Hanya saja buku ini ukurannya lumayan besar dan agak sedikit berat karena adanya tombol-tombol yg memuat suara-suara hewan. Overall Anakku suka sekali dengan buku ini.

Harga

Rp 155.000 beli disini


Penutup

Nah itulah 11 buku yang Aku punya dan telah Aku review. Buku-buku tersebut terdiri dari berbagai macam ukuran, mulai dari yang besar hingga kecil. Nah buku-buku yang berukuran kecil biasanya selalu Aku bawa ketika akan pergi keluar rumah bersama Anak. Aku bawa satu atau dua buku agar Anakku gak merasa bosan.

Semoga bisa menambah preferensi teman-teman semua ya yang sedang mencari buku-buku untuk anak-anak. Semoga membantu.

Lalu, terakhir pesanku mau itu buku mahal ataupun murah, mau itu bahan boardbook atau artpaper, yang paling penting adalah bagaimana kita sebagai pembaca menyampaikan isi cerita kepada anak secara menarik dan menyenangkan agar muncul rasa ketertarikan terhadap buku


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s