[Review] Babyland – Cloth Diaper

Assalamu’alaikum, kali ini aku mau review Clodi alias Cloth Diaper atau kalo di translate adalah diaper berbahan kain. Aku udah pakein popok kain ini ke Sidu dari umur dia 1 bulan sampai dengan sekarang.

Buat temen-temen yang penasaran, yuk simak sampai selesai~


Mengenal Tentang Clodi

Clodi atau cloth diaper adalah popok kain yang bentuknya menyerupai diaper yang berbahan kain lembut.

Clodi ini terdiri dari dua bagian, yaktu insert dan outer. Insert adalah bagian dalam yang tebal seperti handuk, paling umum yang ada di pasaran ada insert yang berbahan microfiber dan bamboo.

Perbedaannya kalo bahan microfiber lebih tebal, ringan, agak kaku dan teksturnya agak kasar. Sedangkan bamboo memiliki bahan yang tipis, agak berat, halus dan lebih lemas.

Untuk daya serapnya, kedua bahan ini memiliki daya serap yang sama-sama bagus.

Tetapi yang perlu diperhatikan, saat proses pengeringan atau dijemur, bahan bamboo membutuhkan waktu lebih lama supaya kering dibandingkan dengan bahan microfiber.

Nah tadi kan bahasan soal insert, sekarang Aku bakal bahas tentang outer. Jadi outer itu bagian luar yang kedap air atau waterproof. Nah si outer ini biasanya hadir dengan motif atau warna yang lucu-lucu nan gemesin untuk bayi.

Outer dari Clodi ini punya banyak kancing untuk merekatkannya. Kancing tersebut dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh bayi. Oya, design dari outernya ini dibuat untuk bayi hingga umur 2 tahun atau sampai si bayi sudah bisa ke toilet sendiri.


Kenapa Pakai Clodi?

Ada dua alasanku kenapa memutuskan menggunakan clodi. Pertama, karena Aku ingin mengurangi produksi sampah. Tau sendiri kan kalo sampah popok sekali pakai itu membutuhkan waktu yang sangat lama sekitar 250-500 tahun hingga dia benar-benar bisa terurai. Ya meskipun belum benar-benar bisa full menggunakan clodi, tetapi setidaknya Aku berusaha mengurangi jumlah sampah popok yang Aku sumbangkan setiap harinya.

Yang kedua, karena lebih hemat. Rasanya sayang aja gitu keluar uang membeli popok yang gak murah dan hanya untuk digunakan beberapa jam saja. Kek mikir gitu “duh kok keluar uang untuk dibuang ya?”.

Aku pun pernah bikin skema perhitungan biaya dengan membandingkan penggunaan full pospak (Popok sekali pakai) dengan Clodi, hasil perbedaan biayanya sangat signifikan.

Terlebih, penggunaan clodi ini dapat dipakai hingga berat bayi 15kg atau bayi sekitar 2-3 tahun. Lalu clodi ini bisa dipakai untuk anak ke dua dan ke tiga, tinggal beli lagi aja insertnya jika di rasa perlu.


Babyland – Cloth Diaper

Alasan kenapa memilih Babyland – Cloth Diaper karena klaimnya sih mereka adalah supplier Clodi di Indonesia dengan kualitas yang sudah pasti terjamin.

Selain itu, sewaktu aku survey berbagai macam merk clodi di internet, clodi dari Babyland memiliki harga yang gak terlalu murah dan juga gak terlalu mahal. Masih bisa terjangkau.

Kualitas bahannya baik itu untuk insert dan outernya pun bagus. Bahannya halus dan lembut, jahitannya kuat dan kancingnya terekat dengan kuat pula. Lalu selama aku pakaikan clodi ini ke sidu, dia gapernah ruam.


Spesifikasi

Berikut ini merupakan spesifikasi Babyland – Cloth Diaper:

  1. All size snap, adjustable untuk berat badan bayi 3-15 kg,
  2. Waterproof outer fabric dengan inner berbahan lembut yang aman untuk kulit bayi,
  3. Insert berbahan microfiber import 3 lapis. Bahan ini memiliki daya serap dan breathable, sehingga dapat menahan cairan keluar tapi tetap memungkinkan kulit bayi bisa bernafas dengan baik.

Jumlah Ideal Menggunakan Cloth Diaper

Jumlah ideal penggunaan cloth diaper yaitu sekitar 12 sampai dengan 15 pcs. Jumlah ini ideal untuk penggunaan pakai-cuci-jemur-pakai.


Pemakaian Babyland – Cloth Diaper

Kalo Aku belum full menggunakan Clodi dalam satu hari. Jadi pemakaiannya masih aku kombinasikan dengan pospak (popok sekali pakai).

Intinya dari setelah mandi pagi hingga sebelum aku tidur malam, aku pakaikan clodi ke sidu. Tapi selama aku tidur di malam hari, aku menggunakan popok sekali pakai.

Untuk jumlah insertnya aku hanya menggunakan 1 insert saja dan ini cukup menampung pipis hingga 2 – 3 jam. Tapi biasanya Aku ganti 2 jam sekali sih takutnya udah penuh dan malah jadi bocor.

Tetapi jika ingin daya serap yang lebih tinggi lagi, gunakan saja 2 insert untuk penggunaan siang hari dan 3 insert untuk penggunaan malam hari.


Cara Mencuci

Jika clodi tersebut ada pupnya, aku cuci terlebih dahulu secara manual menggunakan sabun sambil dikucek-kucek hingga noda pupnya benar-benar hilang.

Setelah nodanya hilang dengan sempurna, aku taruh di laundry bag yang kemudian si laundry bag ini aku taruh ke dalam mesin cuci untuk selanjutnya dicuci.

Tetapi jika clodinya gak ada noda sama sekali, aku langsung aja taro di laundry bag yang nantinya akan dicuci di mesin cuci.

Oh ya, mengapa harus menggunakan laundry bag ketika hendak dicuci di dalam mesin cuci? Agar clodinya tidak cepat rusak karena bercampur dengan pakaian lain. Beli laundry bagnya pun menurutku yang sekali bagus aja biar awet dipakai berkali-kali.


Kelebihan

Berdasarkan pengalamanku, kelebihan menggunakan Babyland – Cloth diaper yaitu:

  1. Lebih hemat dan ekonomis,
  2. Mengurangi produksi sampah popok sekali pakai,
  3. Tidak menimbulkan ruam,
  4. Sebagai investasi dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama,
  5. Bahannya lembut dan kualitas jahitannya rapi serta kuat,
  6. Motifnya lucu-lucu,
  7. Bisa dicuci menggunakan mesin cuci (dengan catatan gak ada bekas pupnya),
  8. Cepat kering ketika dijemur.

Kekurangan

Sedangkan berikut ini merupakan kekurangan dari Babyland – Cloth Diaper:

  1. Kalo ada pupnya harus effort di cuci dulu secara manual,
  2. Pernah sekali waktu di daerah tempat tinggalku hujan beberapa hari berturut-turut yang bikin popok kainnya lama keringnya karena ga ada matahari,
  3. Kalo digendong bayinya jadi agak berat,
  4. Lebih cocok digunakan ketika di rumah saja. Kalo pake clodi ketika diluar menurutku pribadi sih ribet.

Price and Where to Buy

Untuk Babyland – Cloth Diaper  yang Aku gunakan harganya yaitu Rp 12.000 untuk insert berbahan microfiber 3 lapis dan Rp 35.000 untuk outernya. Aku beli di Clodi Official Store di shopee. Oh ya motif dikirim random tapi kita bisa tulis “Boy”atau “Girl” di notes saat check out.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s