[REVIEW] OrganiCup The Menstrual Cup – Size A

2d397a15-295b-4847-ac02-baf44e5d143e


Prologue

Sejak mulai belajar pelan-pelan untuk mengurangi pemakaian plastik serta menggunakan reusable menstrual pad, Aku itu pengen banget pakai menstrual cup ketika sedang haid. Karena rasanya jauh lebih murah dan praktis aja gitu. Tetapi rasanya masih takut dan Aku pikir nanti aja deh pakainya ketika udah menikah.

Nah ketika aku sudah menikah, aku beli deh si menstrual cup dari merk OrganiCup. Tetapi saat menunggu masa haid tiba ternyata Alhamdulillahnya aku langsung hamil. Alhasil si menstrual cupnya harus disimpan selama sembilan bulan deh hehehe.

Lalu setelah melahirkan inilah momen yang pas untukku mencoba menstrual cup dari OrganiCup ini. Aku menggunakannya ketika masa nifas mulai dari awal minggu ke 4.

Kenapa gak dari awal masa nifas aja? Karena sewaktu melahirkan dengan proses persalinan normal, vagina aku itu cukup banyak robekannya dan harus dijahit sana-sini. Terus, proses penyembuhannya cukup memakan waktu lama sekitar tiga minggu dan aku gak berani juga karena di awal-awal masa nifas masih kerasa ngilu-ngilu gitu hehehe.

Segitu dulu aja kali ya ceritanya, kali ini aku bakal sharing dan review pengalamanku menggunakan si menstrual cup dari OrganiCup, jadi simak sampai selesai yaa!


Description

6fdda0b0-d904-465b-8a43-dc760b274c17OrganiCup adalah menstrual cup pemenang penghargaan yang menggantikan pembalut dan tampon. Lebih mudah & lebih sehat. Didalamnya sudah termasuk cotton pouch.

Informasi lain mengenai OrganiCup yaitu:

  • OrganiCup disertifikasi oleh komunitas Vegan,
  • OrganiCup memenuhi semua standar dan undang-undang yang disyaratkan,
  • OrganiCup adalah Allergy Certified ™,
  • Memiliki program donasi kepada anak-anak di Afrika yang kurang edukasi terhadap higienitas perempuan,
  • 12 Jam bebas bocor, bebas dari bahan kimia, nyaman digunakan dan bisa bertahan selama 10-15 tahun.

Size Guide

Scarlett Whitening Shower Scrub

Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan ukuran dari OrganiCup, yaitu:

  1. Regular atau Heavy Flow. Jika selama menstruasi kamu memiliki flow yang sedikit atau biasa saja, direkomendasikan menggunakan Size A atau mini size untuk remaja atau yang membutuhkan size kecil. Namun jika selama menstruasi kamu memiliki flow yang banyak gunakan size B.
  2. Pengguna Menstrual Cup pertama kali. Untuk pengguna menstrual cup pertama kali, direkomendasikan menggunakan size mini atau size A.
  3. Ibu. Untuk ibu yang melahirkan melalui vagina direkomendasikan menggunakan size B. Tetapi jika proses melahirkannya dengan C-Section direkomendasikan menggunakan size A.

How To Use

ab58e98b-7a85-4676-8cfc-071423b58168b31dae4d-7401-4793-b401-f24698181885

Sebelum Menggunakan Menstrual Cup

Sebelum digunakan untuk pertama kali, Menstrual Cup harus disterilkan di dalam rebusan air selama 3-5 menit. Ingat, jangan sampai Menstrual Cupnya tenggelam dan menyentuh dasar panci

Cara Memasukkan Menstrual Cup

Cuci tangan hingga bersih, lalu ratakan menstrual cup agar memudahkan pada saat nanti dilipat. Kemudian lipat menstrual cup, ada bentuk lipatan C-Fold serta ada juga yang Punch-Down-Fold. Jenis lipatan dari menstrual cup yang akan dimasukkan disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing.

Setelah menentukan lipatan mana yang paling nyaman, saatnya memasukan menstrual cup kedalam vagina. Caranya rentangkan kaki, buka perlahan dan pisahkan labia dengan jari. Saat ujung menstrual cup sudah masuk ke dalam vagina, nanti cupnya akan membuka lipatannya secara otomatis.

Kemudian tinggal dorong sedikit menstrual cup dengan jari hingga seluruh cup k Saat ujung menstrual cup sudah masuk ke dalam vagina, cup akan mulai membuka lipatannya secara otomatis.

Kita hanya perlu mendorong sedikit menstrual cup dengan jari hingga seluruh cup masuk ke dalam, termasuk gagang cup. Tidak perlu ditempatkan terlalu tinggi, cukup memposisikan bagian bawah cup kurang lebih setengah jari dari tempat memasukkan cup.

Posisi menstrual cup yang benar berada di area bawah vagina, namun melebihi tulang panggul.

Agar si menstrual cup lebih fit in dan saat dipakai terasa nyaman, cukup cubit perlahan bagian dasar menstrual cup dan coba putar ke arah kanan dan kiri untuk memastikan bahwa menstrual cup telah terbuka sepenuhnya demi menghindari kebocoran

Cara Mengeluarkan Menstrual Cup

Cuci tangan hingga bersih, kemudian lemaskan otot serta rileks dan rentangkan kedua kaki. Pisahkan labia dengan tangan. Lakukan gerakan mengejan seperti saat akan membuang air besar sampai menstrual cup terdorong keluar.

Lepas segel menstrual cup dengan mencubit bagian bawah dan goyangkan ke kiri serta kanan sambil ditarik kebawah. Lakukan secara hati-hati agar darah tidak berceceran kemana-mana.

Setelah berhasil dikeluarkan, buang isinya ke dalam wastafel, toilet, bathub, atau tempat lain yang pantas dan aman.


Cleaning

  • Sebelum digunakan. Sebelum digunakan, OrganiCup harus disterilkan di air mendidih selama 3-5 menit. Pastikan air tidak menguap atau OrganiCup jatuh, tenggelam dan terbakar. Pensterilan dilakukan di air mendidih sangatlah penting untuk memastikan suhu air mencapai 100 derajat selsius dan dapat membunuh bakteri.
  • Selama masa menstruasi. Selama masa menstruasi, kosongkan isi OrganiCup dengan cara dibuang di toilet atau sink lalu bilas dengan air bersih dan masukkan kembali ke dalam vagina. Saat proses ini, sebenarnya tidak perlu dibersihkan menggunakan sabun, tapi jika ingin dibersihkan cukup gunakan sabun yang bebas dari parfum dan memiliki kadar pH yang seimbang.
  • Setelah masa menstruasi. Setelah masa menstruasi telah selesai, rebus kembali OrganiCup di air mendidih selama 3-5 menit. Selalu awasi selama proses perebusan agar OrganiCupnya tidak terbakar. Setelah selesai dan OrganiCupnya sudah kering, dapat disimpan kembali di dalam cotton bag yang telah disediakan.

FAQ

Q: Bagaimana jika telah dipasang IUD dan ingin menggunakan OrganiCup?

A: Berdasarkan informasi yang Aku baca di sini, tidak masalah ketika sudah dipasang IUD dan ingin menggunakan OrganiCup. Karena OrganiCup ditempatkan rendah di dasar saluran vagina dan tidak mengganggu IUD yang telah terpasang. Tetapi kembali lagi, direkomendasikan berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan. 

Q: Bagaimana jika OrganiCup telah berubah warna?

A: Perubahan warna dari OrganiCup disebabkan oleh penumpukan sisa dan hal ini sangatlah normal. Jika ingin membuat OrganiCup terlihat seperti baru cukup gunakan Hidrogren Peroksida 2% lalu siapkan mangkuk. Campur 1/2 air dan 1/2 hidrogen peroksida kemudian rendam dan biarkan semalaman. Hasilnya menstrual cup akan terlihat seperti baru.

Q: Bagaimana jika OrganiCup menjadi berbau?

A: Material dari OrganiCup yaitu Medical-grade silicone yang tidak berbau. Namun OrganiCup memiliki kemungkinan menjadi berbau jika selama penggunaan digunakan lebih dari yang disarankan yaitu 8-12 jam. Untuk mengurangi baunya cukup campurkan 1/2 Hidrogen Peroksida 2% dan 1/2 air di dalam ember lalu rendam dan biarkan semalaman. Atau gunakan perasan air lemon dan rendam selama satu jam kemudian rebus dalam air.


Review

Meskipun Aku telah melahirkan seorang anak melalui vagina, tetapi tetap saja awal-awal pemakaian rasanya takut aja gitu.

Pertama kali pakai, tentunya gak langsung berhasil. Banyak sekali trial and errornya. Mulai dari mencari-cari lipatan menstrual cup yang menurutku paling nyaman hingga berulang kali si menstrual cup dimasukkan dan dikeluarkan sampai aku ngerasa percaya diri dan lancar.

Untuk lipatan menstrual cupnya sendiri, yang paling nyaman buatku adalah lipatan C. Karena sejak awal dimasukkan diameternya konsisten hingga ujung, jadi gak ngerasa kaget kaya “eh kok tiba-tiba jadi gede?!”.

Lalu ketika masih trial and error masukin dan keluarin si menstrual cupnya ini sempet juga si tangkainya ngeggantung diluar, dipakai untuk BAK malah ikutan lepas serta berasa panik sambil ngebatin “ini udah bener belum sih?”

Percayalah, practice makes perfect. Setelah dicoba berulang kali, Aku ngerasa nyaman pakai menstrual cup ini. Kayak ga berasa pakai apa-apa. Selain itu juga praktis.

Ketika hendak digunakan, cukup di sterilkan di air mendidih. Lalu ketika sudah 8 jam, darahnya dibuang dan dibersihkan kembali. Lalu tinggal pasang lagi deh ke dalam.

Oh ya Aku menggunakan size A. Karena saat awal beli gak kepikiran bakalan langsung hamil. Tapi ketika digunakan pada saat masa nifas, darahnya tetap tertampung dengan baik dan gak bocor ataupun tembus. Mungkin karena setiap aku haid pun emang flownya gak pernah banyak sih jadi kalaupun pakai menstrual cup yang size A pun masih aman.

Best part menggunakan menstrual cup adalah jauh lebih hemat, cukup keluarin tiga ratus ribu aja dan bisa dipakai selama 15 tahun. Selain itu mengurangi sampah plastik dari penggunaan pembalut sekali pakai dan terakhir jauh lebih praktis!


Price & Where to Buy

Aku beli seharga Rp 300.000 dari kakak kelas. Tapi di Zerowaste.id dijual dengan harga Rp 390.000


Epilogue

Setelah merasakan menggunakan pembalut sekali pakai, reusable menstrual pad serta menstrual cup, menurutku dari segi kepraktisan, harga serta waste yang dihasilkan jauh lebih unggul menstrual cup.

Namun tentunya gak semua wanita berani menggunakan menstrual cup ini. Terlebih bagi mereka yang belum pernah berhubungan intim pasca menikah tentunya banyak pertimbangan, seperti yang Aku rasakan dulu.

Tetapi balik lagi sih, meskipun selaput dara dapat robek tidak hanya pada saat setelah berhubungan intim ketika menikah saja, karena bisa juga robek pada saat melakukan aktivitas fisik, masturbasi, penggunaan tampon atau trauma akibat kecelakaan.

Selain itu presepsi setiap wanita bisa berbeda-beda juga kan soal keperawanan.

Jadi jika kamu yakin dan mampu, Aku sangat menyarankan untuk menggunakan menstrual cup ini. Namun juka kamu masih belum yakin dan menunggu waktu yang tepat, go for it~

Sekian sharing dan reviewku soal Menstrual Cup dari OrganiCup ini, semoga bisa menambah preferensi bagi teman-teman yang mau menggunakan menstrual cup yaa~


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s