[REVIEW] Mikhadou – Stretchy Wrap

2B11761C-0DEA-4DB5-8E06-1DBCCA9A3745


Prologue

Semenjak Sidu lahir sebenarnya Aku sudah memiliki hipseat carrier, tapi sayangnya hipseat carrier ini baru bisa dipakai ketika Sidu berusia tiga bulan. Lalu Aku merasa membutuhkan gendongan agar dapat terus bersama Sidu sambil Aku dapat tetap beraktivitas.

Setelah mencari-cari informasi di internet dan juga ngobrol dengan beberapa teman yang sudah memiliki anak, akhirnya Aku mantap memutuskan untuk menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap.

Untuk review dan sharingnya, simak terus ya sampai selesai!


Description

Mikhadou – Stretchy Wrap adalah gendongan berbahan dasar kain katun yang elastis dan dapat digunakan untuk menggendong bayi yang baru lahir dengan berat 3kg hingga 15kg.

Mikhadou – Stretchy Wrap aman karena bayi digendong dengan posisi M-Shape atau seperti kaki katak. Karena posisi ini adalah posisi alami bayi, seperti ketika dalam kandungan. Selain itu posisi ini baik bagi perkembangan tulang pinggul bayi.

Manfaat dari Mikhadou – Stretchy Wrap sendiri yaitu membuat bayi merasa nyaman seperti berada di dalam rahim ibu. Dekapan ibu atau ayah saat menggendong menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap memudahkan bayi untuk mendengar detak jantung ibu atau orang yang menggendong.

Hal tersebut memudahkan transisi ketika bayi berada di dalam perut ibu terhadap dunia luar. Sehingga bayi akan lebih tenang, menangis lebih sedikit, tidur dengan nyaman dan ibu bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa, dengan bayi dalam dekapan.


Details

A1A29CAF-D453-4994-BD66-A3D577E2D98C

Mikhadou – Stretchy Wrap memiliki bahan yang tebal, lembut, dingin dan ketika dipakai gak mudah melorot.

Sayangnya sampai tulisan ini dibuat Aku belum menemukan detail bahan dari Stertchy Wrapnya Mikhadou. Namun kalo dipegang-pegang dan berdasarkan ke-adem-annya sih menurutku sepertinya ini bahan lycra.

Lalu, ketika membeli Mikhadou – Stretchy Wrap ini udah termasuk dengan pouch, manual book dan tentunya si Stretchy wrapnya itu sendiri.


How To Use

Cara menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap sudah sangat dijelaskan dengan baik di dalam manual booknya. Atau teman-teman bisa lihat disini

C66891FA-7732-4E50-90AD-480D644207009749D114-0CA5-4C07-8DF9-1093D2757FA399287079-9410-4DDB-8670-C0981DEC296F

Oh ya ketika menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap, jangan lupa untuk mengecek keamanannya ya. Selalu periksa poin-poin TICKS untuk keamanan dan kenyamanan. TICKS sendiri yaitu:

  • T: TIGHT. Ketat, posisi bayi menempel seperti dipeluk erat. Tidak longgar dan tidak melorot,
  • I: IN VIEW AT ALL TIMES. Wajah bayi terlihat oleh penggendong. Carilah posisi menghadap yang diinginkan bayi, pastikan kain tidak menutupi wajah bayi,
  • C: CLOSE ENOUGH TO KISS. Kepala bayi di bawah dagu penggendong, sehingga mudah dicium. Memudahkan dan cepat merespon bayi.
  • K: KEEP CHIN OFF CHEST. Cegah dagu bayi menempel pada dadanya (Meringkuk), supaya napas bayi tidak terganggu. Kedua tangan di samping wajah bayi,
  • S: SUPPORTED BACK. Pada posisi tegak (Upright), punggung hingga lutut bayi ditopang penuh. Posisi kaki bayi menekuk, lutut bayi sejajar dengan pusar. Ini posisi alami bayi.

How to Care

Berikut ini cara mencuci Mikhadou – Stretchy Wrap, yaitu:

  • Cuci Tangan. Gunakan air dingin, dengan sedikit deterjen yang tidak mengandung pewangi, pelembut dan optical brighter. Direkomendasikan untuk tidak mencampur cucian dengan pakaian lain agar tidak terkena luntur atau tersangkut kancing, resleting, velcro serta agar permukaan kain tetap terjaga.
  • Cuci Mesin. Gunakan laundry-net agar kondisi kain tetap terjaga. Gunakan air dingin, dengan sedikit deterjen yang tidak mengandung pewangi, pelembut dan optical brighter. Pilihlah setting Gentle Cycle. Direkomendasikan untuk tidak mencampur cucian dengan pakaian lain agar tidak terkena luntur atau tersangkut kancing, resleting, velcro serta agar permukaan kain tetap terjaga.
  • Pengeringan. Direkomendasikan agar dikeringkan dengan dijemur pada posisi datar (Dry Flat), tidak terkena sinar matahari langsung, hindari pengeringan dengan digantung, hindari pengeringan dengan mesin pengering serta tidak perlu disetrika.

FAQ (Frequently Asked Question)

Q: Dapat dipakai dari usia berapa sampai usia berapa?

A: Mikhadou – Stretchy Wrap dapat digunakan mulai bayi baru lahir dengan berat 3kg hingga 15 kg. (Bagi bayi dengan berat dibawah 3kg, tidak ada resiko yang berarti, namun lebih pada kesiapan orang tua saja). Untuk bayi prematur direkomendasikan untuk bertanya lebih lanjut ke dokter terkait pada pilihan cara menggendong.

Q: Mengapa menggendong direkomendasikan dengan posisi M-Shape?

A: Posisi menggendong yang sangat direkomendasikan oleh konsultan menggendong ketika menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap adalah posisi tegak, hadap dalam (ke penggendong), dengan kedua kaki membentuk seperti kaki katak (Lebih dikenal dengan M-Shape). Posisi ini adalah posisi alami bayi, seperti ketika di dalam kandungan. Posisi ini akan memberikan lingkungan yang sehat bagi perkembangan tulang pinggul bayi.

Q: Posisi gendong apa saja yang dapat digunakan pada Mikhadou – Stretchy Wrap?

A: Mikhadou – Stretchy Wrap dibuat khusus hanya untuk menggendong dengan posisi gendong depan hadap dalam.

Q: Apakah ada waktu maksimal untuk menggendong dengan Mikhadou – Stretchy Wrap?

A: Tidak ada durasi baku dalam menggendong bayi, namun konsultan menggendong merekomendasikan memberikan batasan menggendong tidak lebih dari dua jam untuk memberikan kesempatan bagi penggendong dan bayi agar dapat meregangkan otot-otot dan persendian supaya tidak pegal.

Q: Apakah bisa menyusui di dalam Mikhadou – Stretchy Wrap?

A: Ya, bisa menyusui di dalam Mikhadou – Stretchy Wrap. Direkomendasikan menggendong bayi dengan posisi tegak (Upright position). Perut bayi menempel perut ibu lalu turunkan sedikit posisi bayi supaya wajah bayi sejajar dengan payudara, dengan melonggarkan sedikit ikatan wrap, pastikan ikatan wrap masih cukup erat. Area leher dan kepala bayi sebaiknya disangga oleh tangan ibu, hindari kepala bayi tertutup oleh wrap. Selalu waspada ketika menyusui, bila telah selesai menyusui, naikkan bayi ke posisi semula, kencangkan kembali ikatan agar tidak longgar.

Namun konselor menyusui merekomendasikan agar ketika menyusui bayi dibawah 6 bulan sebaiknya dilakukan diluar gendongan. Carilah ruang menyusui atau gunakan nursing wear atau baju yang nyaman untuk menyusui agar posisi pelekatan lebih terlihat dan mudah didapat.

Q: Apakah bisa menggendong bayi dengan posisi gendong-depan-hadap-luar ataupun gendong-belakang menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap?

A: Mikhadou – Stretchy Wrap tidak dapat digunakan untuk menggendong dengan posisi gendong-depan-hadap-luar, karena posisi tersebut memberikan banyak tekanan pada tulang belakang dan persendian bayi.

Mikhadou – Stretchy Wrap tidak dapat digunakan untuk posisi gendong-belakang karena ada potensi bahaya cedera yang tidak disengaja yang disebabkan oleh gendongan dengan bahan yang melar.

Bayi dapat mulai digendong hadap luar pada usia 5 bulan ke atas, dengan durasi 15-20 menit per hari. Gunakan gendongan yang memang diperuntukkan untuk menggendong hadap luar secara ergonomis atau juga bisa menggendong secara manual dengan kedua tangan atau gendong-samping (Hip Carry)

Q: Apa kelebihan dari Mikhadou – Stretchy Wrap?

A: Mikhadou – Stretchy Wrap merupakan jenis gendongan yang pas/ sesuai terhadap semua bentuk dan ukuran tubuh penggendong maupun bayi, karena tingkat keeratannya diatur sendiri ketika diikat.

Q: Apakah boleh menggendong menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap sambil duduk?

A: Selama posisi tersebut masih nyaman untuk bayi dan penggendong, boleh saja. 

Tidak direkomendasikan Mikhadou – Stretchy Wrap digunakan sambil berkendara baik itu sepeda, motor ataupun mobil, karena gendongan bayi bukanlah alat keselamatan dalam berkendara.


Review

Aku menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap dari semenjak Sidu berusia tiga minggu hingga sekarang. Alasannya karena Aku mulai merasa percaya diri menggendong Sidu pada saat dia berusia segitu.

Jadi ketika Aku mulai merasa pede menggendong Sidu serta Aku membutuhkan gendongan yang memang dapat digunakan sejak newborn dan Akupun ingin tetap beraktivitas, Aku menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap deh.

Berdasarkan pengalamanku, kelebihan dari Mikhadou – Stretchy Wrap yang Aku rasakan yaitu:

  1. Karena bahannya dingin, jadi gak membuat Sidu ketika digendong merasa kepanasan. Selain itu, karena kualitas bahannya bagus dan kainnya stretchy, gak bikin melorot ketika dipakai.
  2. Saat digendong rasanya “ajeg” banget, jadi gak perlu khawatir gimana-gimana ketika Aku beraktivitas. Oh ya, somehow menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap bikin Sidu cepet banget tidurnya. Kalo udah tidur, tinggal selipin kepalanya dan hands-free deh! Tapi ketika Sidu sedang bangun, harus tetep dijaga kepalanya.
  3. Mungkin saking “erat”nya, kalo misalnya Sidu abis minum susu terus pakai Mikhadou – Stretchy Wrap, kayak otomatis aja gitu dia sendawa.
  4. Menggunakan Stretchy Wrap dari Mikhadou bener-bener ngerasa deket banget sama Sidu. Semacam ngebangun bonding antara anak dan ibunya, karena emang digendong dalam dekapan gitu kan.
  5. Harganya affordable dengan kualitas sebagus ini
  6. Bisa dilipat-lipat dan dimasukkan ke pouch. Gak makan banyak tempat, gak berat serta tetep enak dibawa travelling.
  7. Mikhadou – Stretchy Wrap ini gendongan yang pas untuk semua bentuk dan ukuran tubuh penggendong dan bayi. Jadi gak perlu beli berdasarkan ukuran yang tentunya bakalan kepake cuma bentar doang.
  8. Menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap, Aku tetep bisa sambil beraktivitas. Aktivitasnya apa aja? Mulai dari persiapan masak (Kalo udah nyalain kompor, Sidunya ditaro dulu di kasur), cuci piring, makan, baca buku dll.
  9. Terakhir, rasanya ga penting tapi penting sih. Menurutku keliatan lucu dan gemes aja gitu gendong Sidu pake ini. Soalnya keliatan kaya kepompong hehehe.

Setelah membahas kelebihan, sekarang Aku bakal ceritain kekurangan yang Aku rasain, yaitu:

  1. Butuh space yang agak luas kalo mau jemur Mikhadou – Stretchy Wrap. Karena kan ga bisa digantung gitu aja untuk tetap menjaga kualitas bahannya.
  2. Untuk Aku yang pakai kerudung panjang, agak ribet sih ketika Sidu digendong pakai Mikhadou – Stretchy Wrap tapi tiba-tiba pengen minum susu. Karena Aku dbf, Sidu tipe bayi yang gak sabaran dan butuh waktu juga untuk ngelepas kain si gendongan ini. Tapi untungnya hal ini agak jarang terjadi sih.
  3. Agak butuh waktu ketika hendak digunakan, di tambah lagi adanya drama kalo Sidu gak sabaran pengen digendong. Sering terjadi tapi ketika udah digendong, Sidu jadi jauh lebih tenang.

Price & Where to Buy

Harganya Rp 230.000 di Shopee


Epilogue

0A5A7994-9BEB-4850-9DCE-4FE5855DC922

Nah itu dia sharing dan review pengalamanku menggunakan Mikhadou – Stretchy Wrap. Terlepas dari kekurangannya yang Aku rasakan, masih sangat bisa tertutupi dengan berbagai kelebihan yang dimiliki.

Jadi apakah Mikhadou – Stretchy Wrap recommended? Menurutku iya, terutama buat para mamak-mamak yang baru punya anak, butuh gendongan untuk newborn tapi tetep pengen beraktivitas kesana kemari.

Semoga bisa bermanfaat dan menambah referensi bagi teman-teman yang sedang mencari gendongan buat bayi yaaa~

IMG_6623


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s