Pengalaman Imunisasi di Puskesmas Kota Bogor

Processed with VSCO with kk1 preset

Halo semua! Kali ini Aku mau membagikan pengalamanku tentang Imunisasi di Puskesmas Kota Bogor.

Karena Sidu (Anak Aku) udah berusia satu bulan, jadi sudah waktunya untuk imunisasi BCG dan Polio-0. Alasan imunisasi Polio-0 baru dilakukan sekarang karena waktu dia lahir belum sempat diimunisasi jadi dia cuma Imunisasi Hepatitis B-1 aja.

Nah untuk Puskesmas yang Aku datangi yaitu Puskesmas Kedunghalang, Bogor. Karena jaraknya sangat dekat dan cuma 5 menit aja dari rumah.

IMG_6387

Di Puskesmas Kedunghalang, Imunisasinya memiliki jadwal setiap harinya. Tapi untuk jenis-jenis imunisasi paling lengkap ada di hari Senin mulai dari pukul 08:00 s/d 11:00.

Ketika datang, cukup hampiri meja pendaftaran. Nanti akan ditanya oleh petugasnya mau ke poli mana. Di Puskesmas tersebut ada dua poli, yaitu poli umum dan KIA atau Bidan. Karena Aku mau imunisasi Sidu, jadi Aku ke poli KIA. Lalu diberikanlah nomor antrian oleh petugasnya.

Processed with VSCO with kk1 preset

Setelah mendapatkan nomor antrian, nanti tinggal tunggu aja deh giliran dipanggil. Waktu tunggunya agak lama sih sekitar 30 menitan, mungkin karena Aku datangnya jam 09:00.

Lalu, ketika nomor antrianku dipanggil, Sidu ditimbang berat badan dan dicek suhu tubuhnya. Kemudian petugas pun mengisi form pendaftaran. Biaya yang dikenakan yaitu Rp 6.000. Itu merupakan biaya pendaftaran serta imunisasi.

Processed with VSCO with kk1 preset

Kemudian, Aku pun menunggu di ruangan Poli KIA. Selain Aku, ada banyak ibu-ibu beserta anaknya yang menunggu antrean untuk dipanggil masuk ke ruangan. Waktu tunggu di dalam Poli KIA ini lumayan lama, sekitar 1 jam. Karena antrean bayi dan batita yang mau di imunisasi bergabung dengan antrean ibu hamil yang akan melakukan pemeriksaan kandungan.

Setelah giliranku tiba, Aku diminta buku KIA. Lalu Bu Bidan pun menanyakan nama lengkap anak, tanggal lahir, cara lahir (normal atau caesar), nama orang tua dan tempat lahirnya untuk kelengkapan administrasi.

Selepas pengisian administrasi, Sidu pun diukur panjang badannya dan imunisasi polio-0 serta BCG pun dilakukan. Prosesnya sangat cepat dan alhamdulillahnya Sidu setelah keluar ruangan bu Bidan, nangisnya selesai. Hehehe.

Processed with VSCO with kk1 preset

Oh iya, Aku pun diberikan buku Pink KIA oleh bu Bidan secara gratis lalu pelayanan dari bu Bidan pun sangatlah ramah. Selesai iminisasi, bu Bidan pun menjadwalkan imunisasi selanjutnya untuk Sidu di bulan depan.

Setelah Aku pikir-pikir, murah banget ya imunisasi di Puskesmas. Cukup membayar Rp 6.000 saja. Selain itu Puskesmas disana pun menerapkan protokol kesehatan yang baik. Seperti petugas dan tenaga kesehatan yang menggunakan APD lengkap, adanya tempat cuci tangan serta kursi untuk menunggu yang berjarak.

Sekian sharing pengalaman imunisasi di Puskesmas Kota Bogor. Semoga bermanfaat ya bagi teman-teman yang akan melakukan imunisasi untuk anaknya~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s