Hidden Tag: Cek Keaslian Produk Skin Care Korea Kamu Yuk!

IMG_5603

Beberapa tahun kebelakang ini, Korean Beauty bener-bener lagi gila-gilanya, ditambah lagi ingredients, packaging, klaim produk dan harga yang variatif  pun makin membuat peminat di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Namun sebagai konsumen, kita perlu tetap waspada, karena dimana ada permintaan yang tinggi, harus dibarengi dengan ketersediaan barang yang tinggi pula, nah dicelah inilah seringkali dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menjual produk skincare atau makeup Korea yang palsu.

Terbukti, ada adik kelas Aku yang nanya-nanya soal Benton Snail Bee Essence yang dia beli lewat Shopee. Dia bandingin dengan punyaku yang Aku beli di Belanjamimo, dan ternyata beda!. Harusnya di kemasan dus atasnya ada hologram dengan tulisan Benton, tetapi di box punya adik kelasku ini ga ada sama sekali. Lalu, adik kelasku menghubungi si seller dan gak ada respon sama sekali. Fix, ini ditipu sih.

Nah, untuk mengecek keaslian produk Korean skincare atau makeup, ternyata ada loh aplikasi yang dapat membantu kita untuk mengetahuinya. Namanya HiddenTag. Sejauh ini ada di Appstore, namun Aku tidak tahu apakah ada juga di Playstore atau tidak.

IMG_5607

Nah, kalo Kamu pake iPhone, download dulu aplikasinya di Appstore ya. Setelah di download, lalu buka aplikasinya dan siapkan produk yang akan kamu cek keasliannya. Kalo untuk sekarang, Aku akan mengecek keaslian dari produk Benton Papaya-S Sun Cream yang Aku beli di Elsyoung which is si Elsyoung ini distributor resmi Benton untuk di Indonesia. Kebetulan dus yang Aku punya cuma ini, soalnya dus produk Benton yang lainnya udah Aku buang hehehe.

Berikut ini langkah-langkahnya menggunakan

IMG_5608
Langkah kesatu. Buka aplikasinya
IMG_5609
Langkah kedua. Klik logo garis-garis di pojok kiri atas
IMG_5610
Langkah ketiga. Klik HiddenTag Scan
IMG_5613
Langkah Keempat. Scan barcode hologram. Disarankan menggunakan flash agar lebih jelas
IMG_5614
Langkah Kelima. Hasil dari HiddenTag Scan

Nah, jika sudah mendapatkan hasil seperti pada langkah kelima, artinya produk yang kamu beli itu asli. Sebenernya ga cuma brand Benton doang aja yang bisa di scan, brand-brand lainnya pun bisa kok. Tinggal klik di bagian Partner Brands, dan voila! Brand-brand yang bisa kamu cek pake aplikasi ini muncul deh.

sdf
Langkah kesatu. Klik di “Partners Brands”
IMG_5616
Langkah Kedua. Kumpulan brand yang bisa dicek menggunakan HiddenTag

Selain dapat mencari brand-brand yang bisa dicek menggunakan HiddenTag, dalam aplikasi ini pula bisa loh melihat brand-brand apa aja sih yang termasuk dalam kategori Best Brand.

IMG_5615

Nah, dengan adanya aplikasi HiddenTag ini benar-benar membantuku untuk mengetahui keaslian sebuah produk, agar terhindar untuk menjadi korban penipuan produk palsu yang dialami oleh adik kelasku dan mungkin orang lain diluar sana.

Bagaimana denganmu? Udah pernah denger aplikasi ini sebelumnya? Pernah coba ngecek keaslian produk yang kamu punya? Share yuk dibawah!

15 thoughts on “Hidden Tag: Cek Keaslian Produk Skin Care Korea Kamu Yuk!

  1. Kak kalau boleh tau itu nama olshopnya apa ya? Karena aku juga lagi mau beli di shopee tapi masih ragu, olshop yg mau aku belipun juga pernah snapgram ngasih info tentang app Hidden tag jadi menurutku mereka kemungkinan besar jual ori karena berani kasih tau cara cek barangnya ori atau tidak. Btw blognya bagus banget, informatif, sangat membantu bagi yg belum tau app Hidden tag 😆

    Liked by 1 person

    • Halo Wilda terima kasih sudah berkunjung. Kalo mau beli skincare korea terutama dari brand Benton yang asli, bisa dibeli disini https://shopee.co.id/elsyoungid . Karena Aku pernah nanya ke pihak Bentonnya langsung, kalo elsyoung itu seller resmi Benton di Indonesia.

      Kalo online shop tempat adik kelas Aku beli Benton, Aku pun kurang tau hehehe.

      Semoga bisa membantu ya 🙂

      Liked by 1 person

    • Halo Armelchan, terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Kalo boleh tau, produk yang Armel scan itu apakah brandnya sudah terdaftar di list Hidden Tag? Kalo belum, kemungkinan memang tidak bisa di scan. Tetapi jika prouduk yang Armel scan memang sudah terdaftar, coba scan produknya saat siang hari dimana cahaya sedang banyak-banyaknya. Selamat mencoba & semoga membantu ^.^

      Like

    • Fix ya kak si elsyoung ini distributor resmi Benton?
      aku baru beli BHA toner & udh excited bgttt trs pas datang barang nya kok ga ada label HiddenTag, auto galau 😅😅😅 emg sih aku telat cari tau soal HiddenTag setelah barang datang,mau refund jg males jd yaudah pake aja selama ga ada reaksi negatif 😔 beli yg 50ml sih tp kan rugi tetep rugi kalo ternyata produk fake ya.. bingung sih aku soalny di shopee itu harganya mirip2 kan jd aku kira ya sama2 aja 😦

      Like

      • Halo Andriani, sebelumnya terima kasih banyak ya sudah mampir. Elsyoung distributor resminya Benton, bisa cek di official account instagramnya disini ya, Benton sendiri yang membalas salah satu pesan customernya. Link: shorturl.at/jmCHZ

        Like

    • Halo Ensu terima kasih banyak sudah mampir~
      Kalo kardusnya sudah terbuang sepertinya agak sulit, karena biasanya barcode hologramnya ada di packaging dusnya itu. Semoga bisa membantu yaa.

      Like

  2. Belum ngerti deh cara kerja hidden tag ini.
    Kalo pun produk nya palsu,bukannya dia biasanya juga bikin sama barcode nya dengan yg asli?

    Like

Leave a comment